• SALWA ISLAMIC SCHOOL

  • SEKOLAH ISLAM TERPADU

Prinsip-prinsip Perkembangan Anak Usia Dini

Apa Saja Prinsip-prinsip Perkembangan Anak Usia Dini

Beberapa prinsip-prinsip perkembangan menurut Bredekamp, S. & Copple, C (1997) yaitu :

  1. Aspek-aspek perkembangan anak seperti fisik, sosial, emosional, dan kognitif satu sama lain saling terkait secara erat.
  2. Perkembangan terjadi dalam suatu urutan.
  3. Perkembangan berlangsung dengan rentang yang bervariasi antar anak dan juga antar bidang perkembangan dari masing-masing fungsi.
  4. Pengalaman pertama anak memiliki pengaruh kumulatif dan tertunda terhadap perkembangan anak. 5. Perkembangan berlangsung kea rah kompleksitas, organisasi, dan internalisasi yang lebih meningkat. 6. Perkembangan dan belajar terjadi dipengaruhi oleh konteks sosial dan cultural yang majemuk.

Prinsip Pembelajaran PAUD

  1. Belajar Melalui Bermain
  2. Berorientasi pada perkembangan anak
  3. Berorientasi pada kebutuhan anak
  4. Berpusat ke anak
  5. Pembelajaran aktif
  6. Berorientasi pada pengembangan nilai-nilai karakter
  7. Berorientasi pada perngembangan kecakapan hidup
  8. Didukung oleh lingkungan yang kondusif
  9. Berorientasi pada pembelajaran demokratis
  10. Pemanfaatan media belajar, sumber belajar dan nara sumber

Dimensi Pembelajaran PAUD Bermutu

  1. Hubungan yang positif antara guru dan anak
  2. Interaksi yang menstimulasi
  3. Lingkungan main yang tertata dan aman
  4. Materi dan Kegiatan Bermain yang berfokus ke anak
  5. Kurikulum mengacu pada Kurikulum 2013 PAUD
  6. Penilaian yang obyektif
  7. Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat
  8. Apa Saja Prinsip-prinsip Perkembangan Anak Usia Dini.
  9. Anak adalah pembelajar aktif.
  10. Perkembangan dan belajar merupakan hasil dari interaksi kematangan biologis dan lingkungan, yang mencakup baik lingkungan fisik maupun sosial tempat anak tinggal.
  11. Bermain merupakan suatu sarana penting bagi perkembangan social, emosional, dan kognitif anak, dan juga merefleksikan perkembangan anak.
  12. Perkembangan mengalami percepatan bila anak memiliki kesempatan untuk mempraktekkan keterampilan-keterampilan yang baru diperoleh dan juga ketika mereka mengalami tantangan di atas level pengusaannya saat ini.
  13. Anak mendemonstrasikan mode-mode untuk mengetahui dan belajar yang berbeda serta cara yang berbeda pula dalam mempresentsikan apa yang mereka tahu.
  14. Anak berkembang dan belajar terbaik dalam suatu konteks komunitas yang merasa aman dan menghargai, memenuhi kebutuhan-kebutuhan fisiknya, dan dirasa aman secara psikologis.

Cara Belajar AUD

Anak usia dini belajar dengan caranya sendiri. Bermain merupakan cara belajar yang sangat penting bagi anak usia dini.

Sering guru dan orang tua mengajarkan anak sesuai dengan jalan pikiran orang dewasa, seperti melarang anak untuk bermain. Akibatnya apa yang diajarkan orangtua sulit diterima anak dan banyak hal yang disukai oleh anak dilarang oleh orangtua; sebaliknya banyak hal yang disukai orangtua tidak disukai anak. Untuk itu orangtua dan guru anak usia dini perlu memahami hakikat perkembangan anak dan hakikat PAUD agar dapat memberi pendidikan yang sesuai dengan jalan pikiranan.

Tulisan Lainnya
20 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi (1)

Ketika memarahi anak, tanpa disadari hal ini dapat berdampak negatif pada kondisi mentalnya. Jika mental anak terganggu, hal tersebut dapat memengaruhi aktivitas dan emosionalnya. Oleh

23/01/2025 12:06 - Oleh Administrator - Dilihat 293 kali
Melestarikan Batik, Merawat Identitas Indonesia

Selamat Hari Batik Nasional Batik, sebuah warisan budaya Indonesia yang begitu kaya akan sejarah, makna, dan keindahan. Pada 2 Oktober, kita merayakan batik sebagai bagian penting dari

02/10/2024 10:54 - Oleh Administrator - Dilihat 239 kali
Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli (Part 1)

Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangka

03/01/2021 16:04 - Oleh Administrator - Dilihat 5265 kali